Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD )

Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Sidoarjo mempunyai 3 (tiga) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). UPTD ini langsung dibawah kendali kepala dinas dan bukan di bawah kepala bidang.
Tiga (3) UPTD ini adalah sebagai berikut :
1. UPTD Rusunawa,
2. UPTD Pemakaman, dan
3. UPTD PALD.
– UPTD Rusunawa merupakan UPTD lama yang dulu nya bagian dari Dinas PU Cipta Karya sebelum dimerger menjadi    Dinas PUPR. Dan setelah adanya penggabungan dinas (merger) UPTD Rusunawa tetap ikut di Dinas Perumahan dan Permukiman sebagai dinas induk yang baru. UPTD Rusunawa mempunyai 5 Rusun yaitu Rusunawa Pucang, Rusunawa Bulusidokare, Rusunawa Ngelom, Rusunawa Wonocolo, Rusunawa Tambakkemerakan. UPTD ini dipimpin oleh Slamet Budiarto, ST.
– UPTD Pemakaman dahulu merupakan bagian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, namun pada tahun 2017 UPTD ini bergabung di Dinas Perumahan dan Permukiman. Untuk saat ini UPTD Pemakaman hanya memiliki satu tpu, yaitu TPU Delta Praloyo. UPTD ini dipimpin oleh Drs. Mursalim.
– UPTD PALD ( Pengolahan Air Limbah Domestik ) dahulu juga merupakan bagian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, namun pada tahun 2018 bergabung dengan Dinas Perumahan dan Permukiman. UPTD ini dipimpin oleh Ida Apriyanti, ST.